BREAKING NEWS

TIPS SEHAT

pijat bayi dan manfaatnya bagi kesehatan si kecil

berikut ini adalah artikel yang mengulas tentang manfaat pijat bayi, Pijat bayi merupakan cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan kasih sayang kepada bayi Anda. Pijat bayi dapat menenangkan bayi Anda dan membantunya untuk tidur lebih pulas. Anda dan pasangan juga pasti akan merasa rileks dan senang.
pijat bayi dan manfaatnya bagi kesehatan si kecil

pijat bayi

Pijat bayi adalah sentuhan dan remasan lembut dengan ritme tertentu pada tubuh bayi dengan menggunakan tangan Anda. Sebagai bagian dari kegiatan rutin, dengan melakukan pijat bayi Anda bisa menstimulasi tungkai, pergelangan tangan, dan jari-jari bayi. Sentuhan lembut tangan Anda akan merangsang produksi hormon oksitosin dalam  diri Anda, bayi Anda, dan juga pasangan Anda apabila ia menyaksikan kegiatan pijat bayi ini. Oksitosin adalah hormon yang menimbulkan perasaan hangat dan perasaan cinta saat Anda menggendong bayi atau menyusuinya.

manfaat memiijat bayi

Pijat bayi memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi bayi, namun juga untuk Anda dan pasangan Anda. Pijat bayi sangat bagus untuk bayi prematur, membantu mereka bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang. Pijat bayi juga bermanfaat untuk bayi yang lahir cukup bulan. Manfaat pijat bayi antara lain:
memperkuat ikatan batin (attachment) antara bayi dan Anda
membuat bayi tetap rileks dan tidak mudah rewel
bayi akan lebih jarang menangis
bayi bisa tidur lebih pulas
Ada pula teori yang mengatakan bahwa sentuhan dan kontak kulit bisa membantu merangsang dan menstimulasi perkembangan otak bayi.

Dengan memijat bayi, Anda juga akan merasakan perubahan mood yang positif dan membuat Anda merasa lebih memiliki kemampuan menjadi orangtua. Waktu yang Anda luangkan untuk melakukan pijat bayi merupakan saat-saat istimewa Anda bersama Si Kecil.
Saat Anda memijat bayi, Anda pasti akan berbicara dan melakukan kontak mata dengannya. Ini adalah salah satu manfaat pijat bayi yang bisa membantu ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan (postnatal depression).

Pijat bayi juga bagus untuk para Ayah. Umumnya seorang ayah jarang menghabiskan waktu dengan anaknya, terutama bila mereka bekerja di kantor dan Si Kecil ASI Eksklusif. Kegiatan pijat bayi yang dilakukan rutin oleh Ayah pada saat sebelum tidur malam bisa mendekatkan hubungan Ayah dan bayinya.
pijat bayi dan manfaatnya bagi kesehatan si kecil Reviewed by Ekoy on 9/26/2015 Rating: 5

Tiada ulasan:

All Rights Reserved by info kesehatan online ©2015

Borang Maklumat Hubungan

Nama

E-mel *

Mesej *

Imej tema oleh linearcurves. Dikuasakan oleh Blogger.