BREAKING NEWS

TIPS SEHAT

WOOUWW: INILAH MANFAAT YOGA UNTUK IBU HAMIL

Yoga adalah jenis olah tubuh, pikiran dan mental yang sangat membantu ibu hamil melenturkan persendian, termasuk menenangkan pikiran. Manfaat yoga ini tentu dapat dinikmati oleh ibu hamil yang mengalami nyeri persendian selama kehamilan.

Yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil (prenatal yoga) akan meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh Anda. Teknik pernapasan yang diajarkan dalam yoga, juga bisa membuat Anda merasa relaks dan fokus selama hamil, karena biasanya ibu hamil gampang stres dan sangat sensitif perasaannya.
WOOUWW: INILAH MANFAAT YOGA UNTUK IBU  HAMIL
“Secara umum, gerakan-gerakan prenatal yoga akan mempersiapkan ibu untuk bisa melalui kehamilan dan persalinan dengan nyaman, baik fisik maupun emosional. Contohnya, gerakan-gerakan untuk menguatkan kaki, berfungsi agar selama kehamilan kaki tidak sering kram. Sebaiknya diikuti sejak kehamilan trimester pertama,” saran Yuniar, instruktur prenatal yoga dari Yoga Light.
Adapun beberapa teknik yang patut dicoba adalah :

Duduk bersila

Letakkan kedua tangan di sisi badan dengan siku lurus.Angkat kedua tangan dari samping ke arah kepala sambil menarik napas sampai kedua jari-jari tangan bertemu. Turunkan tangan ke depan sambil menghembuskan napas. Manfaat: Melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, serta menenangkan perasaan. Menimbulkan perasaan “membumi dan terpusat”.
Merangkak dengan kedua siku tangan lurus
Pandangan ke depan dan punggung rata. Tarik napas, lengkungkan punggung. Hembuskan napas sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Manfaat: Melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut dan menghilangkan pegal-pegal tubuh.

Berbaring

Kedua kaki menempel di dinding dan kedua tangan disamping badan dengan telapak tangan terbuka. Tarik napas, angkat panggul dari lantai. Hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Manfaat: Mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, serta relaksasi tubuh dan jiwa.
Dengan begini semoga emosi disaat hamil dapat lebih seimbang dan kehamilan pun menjadi saat yang membahagiakan

Untuk mendapatkan manfaat dari yoga, ibu hamil harus memerhatikan beberapa hal penting berikut:
  • Biasanya instruktur akan menghindari gerakan tengkurap, atau gerakan apapun yang mengharuskan Anda tidur telentang dan bertumpu pada tulang punggung atau perut, ketika mengajarkan yoga untuk ibu hamil.
  • Beberapa gerakan tertentu bisa dimodifikasi dengan menggunakan bangku atau selimut tebal.
  • Gunakan alas yoga (yoga mat) agar tidak licin saat latihan.
  • Program prenatal yoga tidak terlalu berat diikuti, termasuk bagi Anda yang belum pernah mengikuti kelas yoga sekalipun.
  • Cari guru yoga yang menguasai prenatal yoga. Dia akan memandu Anda, memberi pengetahuan tentang gaya hidup sehat, serta membimbing Anda ketika bermeditasi.
Oleh karena yoga bukanlah latihan yang memaksakan seseorang untuk berlatih melebihi kemampuan, inilah yang membuat yoga sangat mudah diikuti calon ibu. Jadi, ketika Anda perlu menyesuaikan gerakan dengan ritme nafas atau sebaliknya, lakukanlah. Tak perlu merasa diri lemah karena tidak dapat melakukan pose, gerakan atau pun teknik nafas yoga. Just take your time!

WOOUWW: INILAH MANFAAT YOGA UNTUK IBU HAMIL Reviewed by solikhaton on 11/10/2015 Rating: 5

Tiada ulasan:

All Rights Reserved by info kesehatan online ©2015

Borang Maklumat Hubungan

Nama

E-mel *

Mesej *

Imej tema oleh linearcurves. Dikuasakan oleh Blogger.