BREAKING NEWS

TIPS SEHAT

IBU HAMIL SEBAIKNYA HINDARI MAKANAN INI

Memang wanita hamil tidak boleh sembarangan mengambil makanan demi ibu dan bayi baru lahir. Ada makanan yang mungkin bisa dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk ibu hamil dan beberapa dilarang.

Umumnya sangat banyak pertanyaan di kalangan wanita hamil untuk makanan apa yang diperbolehkan dan yang akan dihindari (mengandung resiko) atau mungkin juga tidak akan sepenuhnya tertelan selama kehamilan, dan juga mengapa makanan diizinkan dan tidak berwenang. Untuk ibu ada beberapa jenis pantangan makanan ibu hamil, mengingat hal itu dapat menyebabkan infeksi misalnya Listeria, E. coli, Salmonella, Toxoplasma, yang bisa membahayakan janin dalam rahim ibu hamil.
ibu hamil

Makanan yang tidak semua baik dan aman bagi tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi saat ini, yang sering dijumpai zat atau bahan tambahan makanan yang telah berbahaya, seperti agen penyedap makanan, pengawet dan zat warna. Zat ini berbahaya bagi ibu hamil bersama dengan janin yang belum lahir.

Berikut beberapa makanan yang telah dilarang untuk ibu hamil:

Pantang ibu muda hamil untuk makan makanan yang terbuat dari daging mentah atau setengah matang. Hal ini disebabkan daging mentah mengandung toksoplasmosis serta bakteri E. coli dapat menyebabkan infeksi serius di dalam janin ibu hamil. Bakteri toksoplasmosis biasanya dalam sayuran yang kurang bersih dicuci. Hindari makan salad yang tidak atau tidak sepenuhnya dicuci terlebih dahulu. Toxoplasma juga berbagai bakteri yang ditemukan pada kucing feces. Oleh karena itu, ibu hamil harus menghindari bermain dengan semua kucing.

Pada saat ini banyak laut dan samudera yang terkontaminasi logam berat merkuri. Oleh karena itu sangat disarankan bagi wanita hamil untuk menghindari makan ikan seperti tuna besar, hiu dan bergaris laut bass. Oleh lembaga kesehatan di Amerika (FDA), disarankan untuk mengkonsumsi ikan besar seperti di atas adalah hanya maksimal 12 ons setiap minggu.

Sebaiknya hindari mengonsumsi kafein karena kopi mengandung kafein. Karena zat kafein bisa menyebabkan kenaikan tarif jantuk janin, mengurangi bayi berat lahir, mengurangi kesempatan untuk menyerap zat besi dan menyebabkan keguguran.

Seorang wanita hamil dilarang untuk mengambil daging ayam telur mentah dan matang (setengah matang). Hal ini karena daging ayam segar dan telur rebus adalah bakteri salmonella yang dapat menyebabkan penyakit diare yang parah pada ibu hamil. Hal ini juga diperlukan untuk menyadari piring dan peralatan yang suadah terkontaminasi daging ayam segar atau matang telur, yang biasanya dicuci dengan sabun untuk steril dan bersih.

Minuman yang mengandung alkohol, harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan cacat awal. Paul D. Connor di University of Washington, Amerika Serikat, pada tahun 2005 meneliti ibuhamil yang minum alkohol sejak trimester pertama. Jika bayi Anda lahir, pada usia 8 bulan, 18 bulan, 3 tahun, 6 tahun dan 10 bertahun-tahun, diukur intelijen. Mereka menurunkan kemampuan kognitif daripada anak-anak di seluruh era-nya. Jennifer A. Willdrof dari Pittsburgh College of Medicine, Amerika Serikat, pada tahun 2006 membuktikan anak-anak yang lahir dari ibu yang minum alkohol, tingkat kecerdasan 2-7 poin lebih rendah dari rekan-rekan. Pada tahun 1986 seorang profesional medis dari Peranis, P. Lemoine mendapatkan gangguan hubungan yang mempengaruhi 127 anak-anak selama kehamilan, disebut janin Minuman beralkohol Syndrome (FAS).

Ada beberapa produk yang keju benar-benar makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung bakteri misalnya Listeria, keju lembut (brie serta camembert), keju blueveined, keju dari susu kambing (dan domba), dan susu yang tidak dipasteurisasi. Listeria adalah gaya bakteri yang dapat melewati plasenta dan menginfeksi janin. Bakteri Listeria dapat menyebabkan pembuluh darah keracunan, kelahiran prematur dan keguguran dalam janin. Wanita hamil harus dapat menghindari makanan ini sampai janin lahir hidup.

Ibu yang sedang hamil dilarang keras untuk merokok, karena nikotin rokok mengandung racun yang dapat menyebabkan bayi mungkin dilahirkan dengan berat badan lahir rendah (kurang). Selain itu, nikotin bersama dengan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen pada janin. Hal ini dapat mengakibatkan bayi yang lahir untuk menjadi rusak.
IBU HAMIL SEBAIKNYA HINDARI MAKANAN INI Reviewed by Ekoy on 10/06/2015 Rating: 5

Tiada ulasan:

All Rights Reserved by info kesehatan online ©2015

Borang Maklumat Hubungan

Nama

E-mel *

Mesej *

Imej tema oleh linearcurves. Dikuasakan oleh Blogger.