BREAKING NEWS

TIPS SEHAT

5 PENYEBAB PEMBENGKAKAN JANTUNG YANG HARUS ANDA KETAHUI


5 PENYEBAB PEMBENGKAKAN JANTUNG YANG HARUS ANDA KETAHUI

Jantung Bengkak dalam istilah medis jantung bengkak di sebut sebagai Kardiomegali atau pembengkakan jantung sehingga ukurannya membesar melebihi jantung yang normal.
Seseorang yang mengalami pembengkakan pada organ jantung biasanya memiliki gejala seperti sesak napas, kaki membengkak, berat badan bertambah, nyeri dada dan juga jantung berdebar. Lantas apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

1. Jarang berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan prima. Seseorang yang jarang berolahraga dapat meningkatkan terserang oleh beberapa macam penyakit, salah satunya yaitu terjadinya pembengkakan pada jantung. Hal ini dikarenakan tubuh seseorang yang jarang berolahraga akan jarang mengeluarkan keringat. Dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi berat badan, yaitu dapat menyebabkan obesitas. Seseorang yang obesitas (kelebihan berat badan) akan membuat jantungya bekerja lebih ekstra dalam memompa darah. Hal inilah yang menyebabkan pembesaran dan pembengkakan jantung.

2. Kelainan jantung sejak lahir

Penyebab yang kedua adalah disebabkan karena adanya kelainan jantung sejak lahir. Seseorang yang mengalami kelainan jantung sejak lahir atau yang biasa disebut dengan penyakit jantung bawaan, seperti jantung bocor tentu saja membuat jantung harus bekerja keras untuk memompa darah. Jantung yang memompa darah lebih keras memiliki resiko yang sangat besar terjadi pembengkakan jantung.

3.Penyakit katup jantung

Penyebab pembengkakan jantung selanjutnya adalah adanya penyakit katup jantung. Jantung memiliki empat katup yang berguna untuk menjaga darah menjaga darah mengalir ke arah yang benar. Namun jika katup tersebut rusak karena suatu penyakit, seperti kelainan jantung, gangguan jaringan ikat, obat-obatann tertentu atuapun infeksi hal ini dapat menyebabkan jantung mengalami pembesaran dan pembengkakan.

4. Anemia atau kurang darah merah

Seseorang yang mengalami anemia membuat tubuhnya tidak memiliki sel darah merah sehat yang mampu membawa oksigen yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Anemia yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan anemia kronis yang pada akhirnya akan membuat kerja jantung semakin keras dan cepat. Seperti yang Anda ketahui, kerja jantung yang terlalu cepat dan tidak normal dapat menyebabkan pembengkakan pada jantung.

5.Hipertensi

Yang pertama adalah hipertensi atau darah tinggi. Seperti yang kita ketahui seseorang yang mengalami darah tinggi mengharuskan jantungnya memompa darah lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini akan membuat jantung mengalami pembesaran dan penebalan otot jantung. Sehingga ini membuat ventrikel kiri membesar serta menyebabkan otot jantung melemah.
 demikian ke 5 penyebab pembengkakan jantung yang harus anda ketahui semoga bisa menjadi refrensi anda dalam mencari artikel kesehatan , salam sehat.


5 PENYEBAB PEMBENGKAKAN JANTUNG YANG HARUS ANDA KETAHUI Reviewed by solikhaton on 11/09/2015 Rating: 5

Tiada ulasan:

All Rights Reserved by info kesehatan online ©2015

Borang Maklumat Hubungan

Nama

E-mel *

Mesej *

Imej tema oleh linearcurves. Dikuasakan oleh Blogger.